Sabtu, 30 Maret 2013

Materi Makalah Kewarganegarran

"Perbandingan Konstitusi Liberal Dan Komunis”

PERBEDAAN KONSTITUSI LIBERAL DAN KOMUNIS

1.     Konstitusi pada Negara Liberal
Konsepsi pemikiran liberal (liberalism) di Negara-negara barat muncul sebagai anti klimaks dari penguasa monarki absolute. Mereka gandrung menyuarakan liberte, egalite, dan fraternite. Dalam arti luas Liberalisme adalah “usaha perjuangan menuju kebebasan”. Salah satu Negara yang menganut asas liberalisme adalah Amerika Serikat dan Negara Inggris. Amerika Serikat menerapkan konsepsi pemikiran liberalisme di mana tujuan pembentukan Negara hanya berfungsi sebagai “penjaga malam” yaitu sekedar menjaga ketertiban dan keamanan individu serta menjamin seluas-luasnya hak-hak individu dalam memeperjuangkan kehidupannya.
·         Konstitusi di Negara Inggris Negara Inggris tidak mempunyai konstitusi tertulis ; oleh sebab itu, dianggap memudahkan pemerintah untuk menyesuaikan tindakan-tindakan dan lembaga-lembaganya sesuai dengan tuntunan zaman tanpa mengalami kesulitan dalam prosedurnya.
·         Mekanisme Konstitusional Demokrasi Parlementer Ciri-ciri pemerintahan parlementer adalah sebagai berikut :
1.      Kekuasaan legislative (DPR/Parlemen) lebih kuat daripada kekuasaan eksekutif (Pemerintah =Perdana Menteri)
2.      Menteri-menteri (cabinet) harus mempertanggung jawabkan semua tindakannya kepada DPR. Iniberarti cabinet harus mendapat kepercayaan (mosi) dari parlemen.
3.      Program-program kebijakan cabinet harus disesuaikan dengan tujuan politik sebagian besar anggota parlemen. Bila cabinet melakukan penyimpangan terhadap program-program kebijakan yang dibuat, anggota parlemen dapat menjatuhkan cabinet dengan memberikan mosi tidak percaya kepada pemerintah.
4.      Kedudukan kepala Negara (raja, ratu, pangeran atau kaisar) hanya sebagai lambing atau symbol yang tidak dapat di ganggu gugat.


·         Lembaga-lembaga Kenegaraan
Raja atau ratu sebagai pemegang tahta kerajaan hanya berfungsi dalam segi-segi pemerintah yang bersufat seromonial (keupacaraan). Raja/ratu secara otomatis menduduki jabatan warisan dalam Majelis tinggi.
a.      Badan eksekutif
Terdiri dari raja/ratu yang tak dapat diganggu gugat (simbolis), dan kekuasaan sesungguhnya adapada Perdaba Menteri. Tugas Pokok : Pemegang kekuasaan eksekutif ada pada perdana menteri yang mencakup antara lain:
1.       Memimpin cabinet yang para anggotanya telah dipilihnya sendiri.
2.       Membimbing Majelis rendah.
3.       Menjadi penghubung dengan raja/ratu.
4.       memimpin partai mayoritas
b.     Badan Legislatif
Parlemen terdiri dari dua kamar (bicameral), yaitu : House of Commons (Majelis Rendah) dan House of Lord  (Majelis Tinggi) Tugas Pokok : Parlemen pada system pemerintahan di inggris memiliki peran sebagai berikut :
1.       Menilai secara kontinu reekan-rekan seperti yang duduk di cabinet
2.       Mempersiapkan di bidang legislasi atas dasar kebijakan menteri
3.       Mengawasi pelaksanaan undang-undang
4.       Mentyatakan gagasan-gagasan politik.
5.       Memaparkan argumentasi-argumentasi politik kepada para pemilih.
Adapun ciri-ciri konstitusi di Negara liberal yaitu:
1.      Sistem Pemerintahan adalah presidensil.
2.      Kepala Negara adalah seorang presidaen.
3.      Menerapkan system pemisahan kekeuasaan (yudaikatif, legislatif, dan eksekutif).
4.      Kekuasaan eksekutif berada di tangan presiden.
5.      Kekuasaan legislatif dipegang oleh parlemen.
6.      Kekeusaan yudikatif di pegang oleh sebuah Mahkamah Agung (MA).
2.     Konstitusi pada Negara Komunis
Komunis tidak hanya merupakan system politik yang menjadi dasar bagi konstitusi di Republik Rakyat Cina, tetapi juga mencerminkan suatu gaya hidup yang berdasarkan nilai-nilai tertentu, antaralain:
·         Gagasan monoisme (sebagai lawan dari pluralisme)
Gagasan ini menolak adanya golongan-golongan di dalam masyarakat sebab dianggap bahwa setiap golongan yang berlainan aliran pemikirannya merupakan perpecahan. Oleh sebab itu, persatuan harus dipaksakan dan oposisi ditindas.
·         Kekerasan di pandang sebagai alat yang sah guna mencapai komunisme
Pelaksanaan pemaksaan dipakai dalm dua tahap. Pertama, terhadap musuh diselenggarakan suatu diktatur yang kejam dimana oposisi dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Kedua, bagi pengikutnya sendiri yang kurang insaf, diimdoktrinasi secara luas, terutma ditujukan kepada angkatan muda.
·         Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme Alat kenegaraan, seperti polisi, tentara, kejaksaan dipakai untuk diabadikan kepada pencapaian komunisme (mobilization system). Campur tangan Negara sangat luas dan mendalam dibidang politik, ekonomi, social, dan budaya. Di bidang hukum, tidak dipandang sebagai “a good in itself ” akan tetapi sebagai alat revolusi untuk mencapai masyarakat komunis.
1.      Mekanisme konstitusional demokrasi rakyat (ala komunis) Menurut istilah komunis, demokrasi rakyat adalah “bentuk khusus demokrasi yang memenuhi fungsi diktatur proletar”. Bentuk khusus ini tumbuh dan berkembang di Negara-negara Eropa Timur (sebelum runtuhnya Uni soviet tahun 1991) dan di Tiongkok (RRC). Khusus di Republik Rakyat Cina, sebagai hasil perkembangan politik yang amat kaku dan penuh ketegangan antara golongan komunis dan golongan antikomunis, pada akhirnya hanya diakui adanya satu partai dalam masyarakat (golongan-golongan lain disingkirkan dengan paksa).
2.      Lembaga-Lembaga kenegaraan Republik Rakyat Cina berdiri pada tahun 1949 dengan menumbangkan Dinasti Ching. tetapi baru padatahun 1954, secara mapan Konstitusi Cina ditetapkan dalam Kongres Rakyat Nasional yang menyebutkan antara lain “bahwa demokrasi rakyat dipimpin oleh kelas pekerja dalam hal ini dikelola oleh partai Komunis Cina sebagai inti kepemimpinan pemerintahan” .
a.        Ketua PKC dan Sekjen PKC Organ administartif utama (Dewan Negara) yang terdiri dari Perdana Menteri (PM), wakil-wakil PM,dan keala-kepala dari semua lementerian dan komisi. Tugas pokok : Pemegang Kekuasaan Eksekutif yang mencakup:
a.       Mengatur mengendalikan seluuh struktur administrative dan bersama-sama degan badan-badantertinggi PKC menyelenggarakan pemerintahan Cina.
b.      Berperansebagai penerjamah keputusan-keputusan partai kedalam tindakan-tindakan Negara menjanjikannya sebagai lembaga yang dibentuk oleh konstitusi.
b.       Konggres Rakyat Cina (KRC) Disebut organ wewenang Negara tertinggi dan pemegang wewenang legislative satu-satunya dalamNegara.Tugas Pokok :
a.       Forum untuk mempelajari, mendukung, dan mengesahkan tindakan-tindakan pimpinan pusat .
b.      Melambangkan dukungan rakyat dan menghormati wakil-wakil terpilih yang secara politik disukai.
c.        Mahkamah Rakyat Tertinggi dan Kejaksaan Rakyat Tertinggi Bagian terakhir kerangka kerja pemerintah pusat. Tugas Pokok  pemegang kekuasaan Yudikatif, yang mencakup antara lain :
a.       Kejaksaan mempunyai kekuasaan yang bebas, termasuk penyidikan, penuntuan, dan pengawasan secara umum terhadap semua organ Negara, termasuk pengadilan-pengadilan.
b.      Kekuasaan Yudikatif dijalankan secara bertingkat kaku oleh pengadilan rakyat..
c.        Pengadilan Rakyat bertanggung jawab kepada kongres rakyat disetiap tingkatan. Namun karena perwakilan rakyat tersebut didominasi oleh Partai Komunis Cina, demokrasi masih sulit terwujud, kendatipun usaha kearah perubahan dilakukan terus menerus dalam rangka reformasi besar-besaran yang dirancangkan mahasiswa dalam rangka mebghadapi era globalisasi dewasa ini.
Negara memiliki kekuasaan besar untuk menguasai segala aspek kehidupan dan mengendalikan warga.
Adapun cirri-ciri undang-undang dasar dalam Negara komunis:
1.      Undang-undang dasar memeberi kekuasaan yang besarpada penguasa (Negara) untuk menyelenggarakan segenap aspek kehidupan bernegara.
2.      Undang-undang dasar membatasi dan menekan hak-hak warga neggara.
Sikap Positif terhadap Konsitusi Negara
Sebagai warga Negara, apa yang seharusnya dilakukan terhadap konstitusi Negara yang berlaku? Tentu saja kita harus “taat asas” dan “taat hukum”.
Fungsi pokok Konstitusi atau Undang-Undang Dasar adalah untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedeikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Agar Konstitusi Negara dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan dasar-dasar pemahaman taat asas dan taat hukum, maka sangat diperlukan sikap positif dari setiap warga Negara sebagai berikut :
a.      Bersikap Terbuka
Sikap terbuka atau transparan merupakan sikap apa adanya berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dilakukan. Sikap terbuka sangat penting dilakukan sebagai upaya menghilangkan rasa curiga dan salah paham sehingga dapat dipupuk rasa saling percaya dan kerja sama guna menumbuhkan sikap toleransi dan kerukunan hidup. Dengan sikap terbuka terhadap konstitusi Negara, kita belajar untuk memahami keberadaan sebagai warga Negara yang akan melaksanakan ketentuan-ketentuan penyelenggara negara dengan seoptimal mungkin.
b.     Mampu mengatasi masalah
Setiap warga Negara harus memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. sikap ini penting untuk di kembangkan karena akan membentuk kebiasaan menghadapi masalah, sehingga kalau sebelumnya hanya menjadi penonton, pengkritik atau menyalahkan oranglain, sekarang menjadi orang yang mampu member solusi ( jalan keluar ). kemampuan untukmengatasi masalah konstitusi negara akan memberikan iklim dan suasana yang semakin baik dalammenata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c.      Menyadari adanya perbedaan
Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang masyarakat sangat beragam sehingga tertanam istilah bhineka tunggala ika ( berbeda – beda namun tetap satu ). perbedaan harus diterima sebagai suatu kenyataan atau realitas masyarakat di sekitar kita baik agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budayanya.
d.     Memiliki harapan Realistis
Negara Indonesia dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk terbesar keempat didunia memiliki permasalahan yang lebih kompleks dalam nernagai kehidupan. Dalam penyelenggara kehidupan Negara, sangat penting bagi warga Negara untuk mampu memahami situasi dan kondisi Negara dalam kebijakan yang diambil.
e.      Penghargaan terhadap karya bangsa sendiri
Bangsa Indonesia harus bangga terhadap hasil karya bangsa sendiri. Salah satu karya bangsa untuk kelangsungan kehidupan bangsa Indonesia adalah “ kemerdekaan dan kedaulatan bangsa” dalam penyelenggaraan Negara.
f.        Mau menerima dan memberi umpan balik
Kesadaran untuk tunduk dan patuh terhadap konstitusi Negara sangat diperlukan dalam rangka menghormati produk-produk konstitusi yang dihasilkan oleh para penyelenggara Negara.
Dan juga konstitusi (undang-undang dasar) Negara komunis memepunyai fungsi ganda, yaitu:
a.       Mencerminkan kemenangan yang berhasil dicapai dalam perjuangan kearah tercapainya masyarakat komunis dan merupakan catatan formal dan legal dari kemajuan yang telah di capai.
b.      Memberikan dasar hukum bagi perubahan masyarakat yang dicita-citakan dalam tahap-tahap perkembangan menuju masyarakat komunis.

1 komentar:

  1. Casinos Near Harrah's Casino, Chester PA | Mapyro
    A map 오산 출장샵 showing casinos and other gaming facilities located near Harrah's 밀양 출장안마 Casino, Chester PA. Harrah's Cherokee Casino, 정읍 출장샵 Cherokee, 강원도 출장샵 NC, West Virginia 경기도 출장마사지

    BalasHapus